Gaya Hidup

Yuk Kenali 8 Macam Motif Batik yang Kita Pakai

Batik merupakan salah satu produk budaya Indonesia yang kini banyak digunakan pada pakaian untuk perhiasan pakaian dalam. Motif atau model batik sangat indah dan beragam. Kamu tahu?

Batik tujuh rupa

Salah satu jenis kain batik yang populer adalah kain batik motif tujuh rupa dari daerah Pekalongan Jawa Tengah. Motif tujuh arah menggambarkan gambar tumbuhan atau hewan yang terinspirasi dari kombinasi budaya Tioghoa lokal dan etnis.

Sejak zaman dahulu, Pekalongan dikenal sebagai tempat transit para pedagang dari berbagai negara, khususnya Tiongkok. Akulturasi budaya ini menyebabkan batik Pekalongan sangat kental dengan unsur aslinya, seperti yang terdapat pada motif lung-lungan, motif jlamprang, motif rembulan, motif beton, motif buketan dan motif pisan bali.

Batik Gentongan

Berbeda dengan batik lainnya, batik Madura memiliki motif tumbuhan yang abstrak atau sederhana dan juga merupakan kombinasi keduanya. Seperti halnya Maduresi yang terkenal tegas, tegas dan berani, batik Gentongan menggunakan warna-warna cerah dan berani seperti kuning, hijau, merah atau ungu.

Berdasarkan asal katanya, gentongan diambil dari kata “gentong”, yaitu keramik yang digunakan sebagai wadah pewarnaan kain batik dengan cairan berwarna.

Batik keraton

Berasal dari Yogyakarta, semboyan batik Keraton sangat dipengaruhi oleh budaya Jawa yang kental dengan sistem kerajaan dan kesultanan. Batik ini melambangkan kearifan, kebijaksanaan dan karisma raja-raja Jawa.

Dulu hanya warga Keraton Sahaja yang diperbolehkan mengenakan batik ini. Namun seiring berjalannya waktu, setiap orang bisa mengenakan batik yang memiliki corak khas bunga simetris atau sayap burung yang dikenal dengan motif satwa liar.

Batik Sogan

Batik Solo asli ini merupakan warisan nenek moyang kita dan sudah ada sejak beberapa abad lalu. Warna coklat muda mendominasi kain batik ini dengan corak yang khas, seperti bunga dengan titik atau garis melengkung. Batik ini sering digunakan oleh raja-raja Jawa, khususnya Kesultanan Solo.

Batik Mega mendung

Meski terlihat simpel, batik mega cloud ini mampu memberikan kesan mewah pada pemakainya. Corak mendung di langit yang cerah membuat batik asal Cirebon ini sangat cocok digunakan oleh semua kalangan, baik tua maupun muda, pria maupun wanita.

Batik Simbut

Kain batik jenis ini memiliki corak yang sederhana yaitu bentuknya menyerupai daun mirip daun talas. Sebenarnya pola kain ini berasal dari suku Badwi di Banten yang identik dengan peradaban kuno.

Seiring berjalannya waktu, beberapa suku Badui rela menerima perubahan dan berusaha mengembangkan jenis batik ini di pesisir pantai Banten. Batik simbut kemudian dikenal sebagai batik banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *