Gaya Hidup

Sehat dan Bugar Saat Berpuasa ala Tipandroid

Di bulan Ramadhan, salah satu kewajiban yang harus dijalankan umat Muslim di seluruh dunia adalah berpuasa. Tak hanya sebagai kewajiban, puasa juga dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut salah seorang praktisi gizi, Tirta Prawita Sari, puasa merupakan bagian dari terapi dalam kedokteran kuno, dimana dalam kondisi medis tertentu puasa dianjurkan supaya proses penyembuhan lebih cepat. Tetapi terdapat beberapa syarat yang harus ditaati jika ingin manfaat puasa dapat terasa maksimal. Menurut Tirta, Manfaat metabolik puasa bisa rusak dengan pola konsumsi yang salah. Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh akan mencari cadangan energi lain yang selama ini hanya tertimbun, sambung Tirta. Penggunaan energi, juga berbeda karena mengambil dari sumber lain, yaitu glikogen dan jaringan lemak, sehingga hormon-hormon yang bekerja berbeda dari biasanya. “Ini baik, ada switch metabolisme,” tukas Tirta. Ia mengatakan bahwa metabolisme tubuh yang baik bisa mempengaruhi seluruh status kesehatan, termasuk fungsi dari kekebalan tubuh. Tetapi, semua manfaat itu dapat buyar apabila pola makan tidak dijaga dengan asupan hidangan sehat, penuh gizi dan nutrisi.

Tips agar Sehat dan Bugar Selama Puasa oleh Tirta melalui Tipandroid kemudian memberikan tips bagaimana cara agar badan tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Yang paling utama adalah menghindari makanan yang mengandung asupan yang bisa menimbulkan inflamasi, yakni makanan yang digoreng serta yang manis atau mengandung gula. Sayangnya, makanan seperti itu lazim dan bahkan menjadi menu “wajib” berada di atas meja makan ketika orang-orang di Indonesia berbuka puasa. “Karena puasa di Indonesia, biasanya berbuka puasa dengan gorengan dan minuman manis, maka dianjurkan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan,” ujar Tirta. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk berbuka puasa dengan buah-buahan, termasuk kurma. Karena kurma juga merupakan sunnah dalam berbuka puasa. Selain itu, Tirta juga mengingatkan untuk menghindari jenis makanan berlemak, pedas, serta makan dalam porsi yang secukupnya selama sahur dan berbuka puasa. Dan tidak lupa minum air yang banyak setelah berbuka dan saat sahur. (Tipandroid)

Temukan tips dan solusi masalah anda di Tipandroid.com , mulai dari tips penggunaan android dan PC Tipandroid juga merekomendasikan aplikasi yang seru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *