Teknologi

Kelemahan dan Keunggulan dari Oppo F15

Tahun 2020 ini, ada banyak sekali gawai yang sudah meluncur. Mulai dari segmen low-end, mid-end, hingga gawai di kelas flagship atau high-end. Persaingan antar brand terjadi untuk menarik minat para pengguna. Berbagai spesifikasi dan fitur pun ditawarkan. Sejak awal tahun, kompetisi sudah dimulai, dan ada cukup banyak gawai menarik yang muncul di awal tahun ini. Salah satu brand yang juga ambil bagian dalam kompetisi ini adalah Oppo yang merilis oppo f15. Gawai ini ditujukan untuk segmen high-end, dan membawa beberapa spesifikasi yang bisa menjadi perhatian.

Bila membicarakan tentang F15 ini, hal yang memang menarik perhatian adalah desainnya. Desain yang diusung oleh gawai ini menghadirkan nuansa baru. Sebenarnya, ini tidak sepenuhnya baru karena pendahulu dari F15 pun sudah membawa konsep yang serupa, dan flagship baru ini menyempurnakannya. Desain bagian belakang dibuat dengan gradasi warna yang menarik. Pilihan warna lightening black dan juga unicorn white yang dibawa oleh gawai ini tidak sebatas pada warna hitam atau putih saja. Campuran warna dengan finishing glossy dibuat untuk menarik perhatian dan membawa kesan mewah pada gawai ini.

Dari segi bodi, gawai ini membawa layar yang cukup luas dengan ukuran 6.4 inch. Rasio layarnya adalah 20:9. Trend rasio layar baru ini memang mulai diusung oleh berbagai gawai dari semua brand untuk menggantikan rasio sebelumnya yang dirasa sudah tidak cocok lagi dengan kebutuhan yang ada saat ini. Layar pun sudah menggunakan teknologi AMOLED untuk memberikan kualitas gambar yang jauh lebih baik daripada panel layar lainnya, walau sebenarnya masih ada panel Super AMOLED yang jauh lebih bagus lagi. Layar luas ini memiliki bezel yang sangat tipis, dan bagian tertebal ditemukan hanya di bagian bawah saja. Lalu, ada kamera depan dengan desain tetesan air di bagian tengah atas. Untuk melindungi layar, Oppo membawa Corning Gorilla Glass 5 di oppo f15.

Sektor lain yang juga menarik ada di bagian kameranya. Seperti halnya gawai flagship lainnya, quad camera diusung untuk desain kamera belakangnya. Lensa utama yang diberikan adalah 48 MP dan ada juga ultrawide dengan resolusi 8 MP. Dua lensa lainnya adalah lensa macro dan juga lensa depth censor yang beresolusi sama yaitu 2 MP. Kamera ini mampu menghasilkan gambar yang bagus dengan warna yang tajam. Perekaman video juga sudah cukup stabil karena adanya EIS. Untuk kamera depannya, ada lensa 16 MP dengan berbagai fitur dan filter yang membuat selfie menjadi jauh lebih menarik untuk dipamerkan di media sosial.

Walau semua terlihat bagus dan baik-baik saja, hal yang berbeda akan ditemukan ketika melihat dapur pacu dari oppo f15 ini. Chipset yang digunakan adalah Mediatek dengan seri Helio P70. Chipset ini tidak bisa dibilang baru untuk ukuran awal tahun 2020. Chipset ini telah ada cukup lama, dan ini menjadi perhatian utama bagi mereka yang mendambakan performa tinggi untuk gawai flagship. Meski gawai berjalan dengan baik untuk aplikasi ringan, kondisi akan berbeda ketika menjalankan aplikasi dan game berat. Komputasinya tidak cukup optimal untuk menunjang kebutuhan akan performa yang tinggi. Grafis dalam game pun tidak bisa diatur ke setting maksimal yang ada.

Meski performa yang dihadirkan oleh chipset Helio P70 memang kurang memuaskan untuk kelas flagship, gawai ini menyediakan opsi kapasitas RAM yang cukup bagus. Ada pilihan 4GB dan 8GB serta memori internal 128GB. Untuk opsi RAM tertinggi, tentu ini akan mendukung kegiatan multitasking yang dilakukan. Selain itu, ekspansi memori bisa dilakukan karena adanya slot microSD yang tersedia. Yang juga bisa menjadi pelipur atas chipset tersebut adalah baterai 4025 mAH yang telah didukung dengan VOOC 3.0. Fast charging ini mampu mengisi daya hingga 50% dalam durasi sekitar 30 menit saja. Walau performa mungkin tidak sesuai ekspektasi, fitur lain yang ditawarkan oleh oppo f15 patut juga diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *