Lain Lain

Jangan Sampai Skor Kredit Anda Buruk

Mau atau sedang mengajukan pinjaman dari bank sekarang? Ya, hampir semua orang bisa melakukannya. Namun dalam praktiknya, selain meminta syarat yang diperlukan, pihak bank akan mereview dan menganalisis Skor kredit Anda sebelum menyetujui pinjaman Anda. Skor kredit adalah sistem penilaian yang diterapkan oleh bank untuk melihat kelayakan atau kemampuan Anda sebagai calon peminjam untuk pinjaman yang diusulkan. Ini juga dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan pinjaman lainnya.

Nilai kredit ditunjukkan dengan angka mulai dari 300 sampai 850. Jika nilai kredit Anda melebihi 720, itu diklasifikasikan baik atau aman. Namun, jika di bawah 640, ini akan menjadi perhatian bank. Mungkin sulit untuk mendapatkan pinjaman baru. Skor kredit ini dicatat jika Anda memiliki rekening di bank atas nama Anda. Dan bisa jadi muncul dari riwayat atau histori kredit Anda selama ini ketika Anda telah mengajukan atau melunasi pinjaman atau kredit sebelumnya, seperti kartu kredit, KTA (kredit tanpa jaminan) dan lainnya.

Bank melihat skor kredit nasabah sebagai salah satu data pertimbangan utama jika pengajuan kredit Anda diterima atau ditolak. Begitu pentingnya nilai kredit ini sehingga Anda perlu menjaganya dalam reputasi yang baik. Bank juga tidak mau menerima pengajuan pinjaman baru dari nasabah yang memiliki skor kredit negatif. Jika Anda mengambil langkah yang salah, kredit macet akan muncul. Selain itu, nilai kredit yang diberikan lebih besar dari pinjaman sebelumnya. Oleh karena itu, bank pasti akan menjajaki dan mengevaluasi bagaimana Anda bertanggung jawab atas pinjaman atau kredit tersebut selama ini. Diantaranya adalah disiplin pembayaran, keseimbangan hutang, kemampuan membayar, termasuk kemampuan finansial untuk menanggung hutang baru.

Selain itu, skor kredit Anda juga akan memengaruhi limit atau jumlah pinjaman yang Anda dapatkan. Jika sampai saat ini Anda belum disiplin dalam pembayaran cicilan kredit dan sering didenda, kemungkinan bank hanya akan memberikan pinjaman dengan jumlah yang lebih rendah dari jumlah yang tertera. Sebaliknya, jika kualifikasi kredit Anda baik, terbukti dengan riwayat kredit yang baik, bank akan menyetujui permintaan nilai pinjaman Anda. Bonus juga dapat menghasilkan bunga pinjaman yang lebih rendah.

Jika skor kredit Anda rendah pada catatan perbankan Anda, lakukan beberapa perbaikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai kredit Anda. Apalagi jika Anda berniat mengajukan pinjaman dalam waktu dekat. Mengapa ada cara untuk meningkatkan skor kredit Anda, termasuk:

Penggunaan aktif kartu kredit

Kartu kredit adalah cara yang bagus untuk meningkatkan nilai kredit Anda. Selama ini Anda memiliki kartu kredit, tetapi jarang digunakan untuk transaksi, coba gunakan mulai sekarang. Tentunya gunakan kartu kredit dengan bijak, misalnya dengan berbelanja di merchant yang bekerja sama dengan bank dan menawarkan berbagai promosi menarik. Selain mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi, Anda juga dapat meningkatkan skor kredit Anda.

Bayarlah tagihanmu tepat waktu

Jika Anda mulai aktif menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, yang terpenting adalah melunasi tagihan kartu kredit Anda tepat waktu atau sebelum kadaluarsa. Jangan sampai terlambat, yang berakibat denda. Juga, tunggakan pembayaran tagihan Anda sampai hutang bertambah karena beban bunga dan akhirnya nilai kredit Anda turun lagi.

Selesaikan keuangan Anda dan gunakan tepat waktu

Cobalah untuk memperbaiki keuangan Anda, Anda memiliki catatan hutang lebih dari 30% dari pendapatan bulanan Anda. Kemudian cobalah untuk membayar dan membayar kembali cicilan hutang sebelumnya hingga porsi hutang berkurang. Jika Anda yakin situasi keuangan Anda membaik, Anda dapat mengajukan pinjaman atau kredit dari bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *